Rabu, 24 Desember 2008

PENDAHULUAN

Dalam dunia kerja terutama bagi saya yang saat ini bekerja di bidang perbankan sudah dapat dipastikan saya selalu bekerja dengan angka – angka, dan sudah dapat dipastikan bahwa program yang digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor adalah dengan menggunakan program Microsoft excel.

Microsoft excel ini memiliki kemampuan yang luar biasa, karena program ini telah dikenal baik oleh semua orang dan fleksibel. Saya akan membagikan ilmu yang saya ketahui tentang Microsoft excel untuk memudahkan anda sekalian menyelesaikan tugas kantor anda. Tetapi saya tidak akan membahas cara membuka file, mengcopy, membuat chart, dll, karena saya anggap saudara sekalian sudah pada mengetahui. Saya hanya mengajarkan cara penggunaan rumus sebagai salah satu penyelesaian kegiatan kantor.

Kita mulai dari yang gampang saja yah

Saya disini menggunakan Microsoft excel 2003, untuk rumus yang akan saya bahas nantinya harus diaktifkan terlebih dahulu. Karena pada umumnya rumus yang ada pada Microsoft excel masih berupa rumus standar, sedangkan yang hendak saya ajarkan lebih banyak berupa rumus tingkat lanjutan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan saya juga akan membahas yang sederhana saja dan bagi saudara yang ingin bertanya hal lainnya tentang Microsoft excel akan juga saya ajarkan

Oke untuk mengaktifkannya adalah Caranya buka Microsoft excel pilih Tools --> Add-Ins


ceklist Analysis ToolPak dan Analysis ToolPak – VBA, apabila ada permintaan untuk update, maka silahkan ambil updatenya dari CD installer Microsoft excel.


Oke sekian dulu yah

Salam hangat

Tidak ada komentar: