Selasa, 24 Februari 2009

MENGHAPUS ANGKA / HURUF DARI SUATU DATA

Di dalam suatu data sering terdiri dari huruf dan angka, dan ada kalanya kita ingin mengambil angka ataupun hurufnya saja. Dalam Microsoft Excel ada sebuah rumus yang dapat memngeluarkan angka maupun huruf dari suatu data.

Rumusnya adalah :

1. Menghapus Angka Dalam Data :
=SUBSTITUTE(cell,LEFT(cell,SUMPRODUCT((LEN(cell)-LEN(SUBSTITUTE(cell,{0,1,2,3,4,5,6,7,8,9},””))))),””)

Catatan :
- Rumus “LEFT” dapat diganti dengan rumus “RIGHT”.
- Rumus “LEFT” digunakan apabila angka yang hendak dihapus berada disebelah kiri.
- Rumus “RIGHT” digunakan apabila angka yang hendak dihapus berada disebelah kanan.
- cell adalah tempat dimana data berada.

Misal :



Penjelasan :
Untuk hasil di cell "E6"
Untuk menghasilkan "TV" dari data di cell C6 "TV01" maka, pada data di cell C6 diganti (SUBSTITUTE) karakter yang terletak di sebelah kanan (RIGHT), berupa karakter-karakter (LEN) angka (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9) menjadi kosong ("").

2. Menghapus Huruf dalam Data :
=--LEFT(cell,SUMPRODUCT((LEN(cell)-LEN(SUBSTITUTE(cell,{0,1,2,3,4,5,6,7,8,9},””)))))

Catatan :
- Rumus “LEFT” dapat diganti dengan rumus “RIGHT”.
- Rumus “LEFT” digunakan apabila huruf yang hendak dihapus berada disebelah kanan.
- Rumus “RIGHT” digunakan apabila huruf yang hendak dihapus berada disebelah kiri.
- cell adalah tempat dimana data berada.

Misal :



Penjelasan :
Untuk hasil di cell "F6"
Untuk menghasilkan angka "1" dari data di cell C6 "TV01" maka, ambil data sebelah kanan (RIGHT) cell C6 yang terdiri dari karakter-karakter (LEN) angka (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9) saja.

yah mudah-mudahan anda semua paham dengan apa yang saya jelaskan, jika ada kometar saya tunggu.

salam hangat

5 komentar:

Anonim mengatakan...

saya ingin menghapus kata dari kalimat dengan rumus yang ada tapi tidak berhasil dengan excel 2007, contoh : "saya mempunyai 300", dan saya hanya ingin angka "300" yang muncul.
terima kasih banyak sebelumnya.

Anonim mengatakan...

minta penjelasannya kayaknya fungsi sumproduct berbeda dari yang saya tahu (sumproduct-umumnya untuk perkalian dan tambahan), ini kayaknya beda opersinya, tambah bingung saya,... minta penjelasan sumproduct ya,...

SMA Muhammadiyah mengatakan...

"saya mempunyai 300" untuk memunculkan "300" cukup gunakan rumus "+RIGHT(cell;4)"

rahma amelia mengatakan...

hai,,sya mnta diajarin cara membuat tabel lewat ms.exel,,,makaci yaww,,

elias bima mengatakan...

kalo mau di ajari silahkan hubungi kami lewat telpon. elias blogs